Selasa, 15 Januari 2013

2 Orang Tua


Kisah mengenai dua lelaki tua yang melakukan perjalanan ke tempat suci, di Yerusalem. Efim, merupakan seorang lelaki kaya yang bersahaja, dan tidak pernah melakukan hal buruk dalam hidupnya; Sedangkan Elisha merupakan lelaki yang tidak terlalu kaya, baik hati, namun terkadang melakukan hal-hal buruk dalam hidupnya seperti minum-minuman keras. Selama dalam perjalanan, Efim masih sering memilikirkan tentang pekerjaan yang ia tinggalkan, dan ia titipkan pada anak dan istrinya. Sedangkan Elisha hanya memikirkan bagaimana mereka dapat sampai dalam keadaan damai.
Dalam perjalanan, Elisha merasa sangat haus dan meminta temannya untuk melanjutkan perjalanan, dan ia akan menyusulnya nanti. Dalam perjalanannya mencari air, Elisha bertemu dengan sebuah keluarga yang sedang kelaparan, dan banyak anggota keluarganya yang sakit. Kemudian ia memutusnya untuk menolong merawat keluarga tersebut dan membelikan makanan untuk mereka. Karena uang yang dimiliki Elisha sangat terbatas, dan telah dipergunakannya untuk menolong keluarga malang tersebut, uangnya tidak cukup lagi untuk biaya perjalanan ke tempat suci. Akhirnya ia memutuskan untuk pulang kembali ke rumahnya.
Efim akhirnya sampai di tempat suci, dan melakukan ritual doa. Berkali-kali ia melihat kehadiran Elisha temannya di tempat doa,namun setiap kali ia mendekatinya, Elisha menghilang. Dalam perjalanan pulang ke rumahnya, Efim ditolong oleh keluarga yang dulu ditolong oleh Elisha sahabatnya. Saat tiba kembali di rumahnya, Efim menyadari bahwa walaupun Elisha tidak sampai ke tempat suci, namun peziarahan Elisha telah diterima oleh Tuhan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar